Rabu, 27 Mei 2015

Sondakh : PNS Wajib Jadi Pelopor Tertib Berlalu-lintas



Dalam rangka mewujudkan program pemerintah terhadap peningkatan budaya tertib terhadap Keselamatan Berlalu lintas di Kota Bitung, maka Walikota Bitung Hanny Sondakh menghimbau agar semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat,  Tidak terkecuali kalangan PNS  diharapkan menjadi pembina masyarakat dalam berprilaku tertib terhadap lalin demi keselematan lalu lintas.

“PNS wajib jadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Sebagai abdi negara dan masyarakat, PNS harus menjadi contoh dalam segala hal, Termasuk di dalamnya berlalu lintas secara tertib dan aman,” “tegas Sondakh.

Ia pun mengajak seluruh jajaran di bawahnya memiliki kesadaran mentaati peraturan berlalu lintas sesuai peraturan perundang-undangan berlaku, dengan memastikan agar SIM dan STNK masih berlaku juga kendaraan harus lengkap sesuai persyaratan teknis yakni Standar operasi kelayakan dengan selalu memperhatikan kelengkapan keselamatan. “ungkap Sondakh.

sementara, Pihak pemerintah melalui Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya akan melakukan tindakan tegas terhadap PNS yang tidak mematuhi tertib Lalu-lintas,  Apalagi Yang kedapatan ugal-ugalan, apalagi menggunakan kendaraan dinas dipastikan akan diberikan sanksi tegas,” “ujar Sondakh.
Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung Arnold Karamoy menambahkan pihak kami berupaya melakukan pengawasan dan akan memberikan sangsi tegas bagi PNS dilingkup Pemkot yang secara sengaja melanggar lalu lintas, termasuk memberikan sangsi  terhadap masyarakat yang tidak mematuhi tertib berlalu-lintas saat melintas  di lingkup kantor Walikota Bitung. “tegasnya.

Selain itu sesuai program, kami juga menghimbau kepada pengendara kendaraan bermotor agar mengutamakan keselamatan bagi pejalan kaki dan bersepeda, dan diharapkan bagi pejalan kaki memanfaatkan trotoar serta mengunakan sebra cross saat menyebrangi jalan, sambil meinta kepada ke semua pihak agar tidak mulai dari pejalan kaki dan dari dalam kendaraan dilarang membuang sampah sembarangan ke jalan.

Ditambahkan, Tertib lalu lintas memang diharap dimulai dari kalangan pelajar. Dengan pemahaman yang diberikan diharapkan mereka bisa tertib berlalu lintas. Apalagi kebanyakan mereka sudah menggunakan kendaraan sendiri ke sekolah,” katanya.

Pihaknya berkeyakinan, pendidikan keselematan lalu lintas bisa sekaligus menjadi salah satu upaya membentuk karakter peserta didik. Sebab, jika tertib di jalan dinilai bisa berdampak mencetak perilaku tertib di lingkungan sekolah hingga keluarga.
sesuai himbauan walikota Kami telah mengedarkan surat Nomor 550/368/WK tanggal 18 mei 2015 yang ditandatangani oleh Wakil Walikota Bitung M. J Lomban dan ditujuakan kepada SKPD, Instansi Vertikal/BUMN, BUMD serta pihak sekolah, UPTD kecamatan, bahkan kepada segenap pimpinan Agama untuk ditindaklanjuti himbauan dimaksud.

“tentunya ini merupakan wujud dalam tercipta masyarakat yang tertib. Karena tertib di jalan raya guna terciptanya keselamatan dan Hal ini pula guna membantu pihak Kepolisin yang saat ini sedang menggelar operasi Patuh yang telah digelar sejak 18 Mei hingga 18 juni 2015., “Terang Karamoy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar